Bisnis souvenir mug dan pin



Sebenarnya menjalankan bisnis sablon pada mug tidak lah berbeda dengan bisnis lainnya yang serupa seperti sablon baju kaos, hanya saja proses penggarapannya yang berdeda karena permukaan yang disablon pada mug tidak rata bidangnya jadi harus menggunakan alat press yang bisa mengukiti kurva permukaan bidang mug tersebut.

Pertama-tama persiapkan mug yang akan disablon, tentunya mug keramik yang sudah melalui proses jadi dan siap sablon karena sudah diberi cloting pada permukaan mug, cloting adalah media lapisan yang akan menjadi tempat sablon tinta melekat. Mug yang sudah jadi dan siap di sablon bisa dengan mudah anda beli atau pesan dari pada harus ngcloting sendiri karena selain ribet juga ada proses open atau bakar.

Langkah kedua mulailah mendesain gambar template yang akan ditempelkan pada mug untuk promosi anda, semakin banyak koleksi template semakin baik. Perbanyak template desain (gambar desain mug) anda dengan berburu template menarik di Internet melalui google search. Jika template desain anda sudah ada maka editlah sebaik mungkin dengan software desain grafis agar menjadi berbeda dan lebih menarik, dan dengan selesainya desain anda maka siaplah kita untuk proses printing desain tersebut.

Siapkan printer anda yang  tintanya sudah diganti dengan tinta sublime, karena jenis tinta ini bisa dipindahkan ke berbagai obyek tetentu melalui sistem dipanaskan, untuk printer cukup dengan printer ukuran A4,  karena alasan bidang gambar yang lebih kecil, tetapi jika anda juga mengerjakan sablon digital kaos maka disarankan agar memiliki printer ukuran A3+ untuk alasan bisang yang lebih lebar.  Jika sudah siap maka printlah gambar desain yang telah Anda siapkan  tersebut dengan cara miror atau terbalik, karena pada saat dipindahkan nanti posisinya akan menjadi kebalikannya atau sebenarnya. proses printing selesai dan diamkanlah dalam 2-3 menit agar tinta meresap dan kering dulu pada kertas transfer.

Hidupkan mesin press mug anda dan atur suhu sesuai petunjuk mesin, lalu atur timer, untuk mesin press mug semua sudah dilengkapi timer dan automatis untuk yang ada dipasaran, dan jika mesin sudah sampai pada titik panas tempelkan transfer paper diposisi yang diinginkan pada mug dan cek sekali lagi jangan sampai miring atau terbalik.  Kencangkan tongkat penarik press head hingga mug dan desainan terjepit erat oleh elemen head. Jangan longgar karena pemindahaan tinta tidak akan maksimal, proses pemanasan biasanya membutuhkan waktu 45 sampai dengan 60 Detik.

Jika proses di press head telah selesai dengan matinya mesin secara automatis dengan timer maka bisa anda lepaskan dan bisa anda lihat di Mug bahwa gambar di kertas transfer sudah berpindah ke permukaan mug, yang perlu dingat bahwa 1 kertas transfer paper hanya bisa digunakan untuk 1 mug  atau sekali pakai proses transfer.

Jika anda ingin memulai bisnis atau mencoba berlatih digital sablon untuk Mug, maka yang perlu disiapkan adalah :
Modal Tetap:
-        > 1 unit perangkat komputer atau leptop yang telah di install software desain: coreldraw, atau photoshop, atau adobe illustrator. Biaya berfariasi, tentu harga computer lebih murah dibandingkan leptop.
-     > 1 unit perangkat printer dengan menggunakan tinta sublime, PRINTER EPSON T13 INFUS SUBLIME PICASSO. Biaya Rp. 1.450.000.
-           >  1 unit mesin press head khusus mug. Biaya Rp. 1.300.000
Modal tidak tetap:
-           >  Mug
-           >  Kertas Transfer
-          >  Tinta Sublime
Catatan: modal tetap selain mesin press tidak hanya untuk Mug, tapi Anda juga bisa membuat produk lain seperti souvenir PIN, Anda tinggal menambah asset mesin press untuk PIN.


Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

28 Juni 2016 pukul 12.44

Artikel yang bagus, menarik dan bermanfaat...
untuk Training ISO bisa menghubungi:
Training ISO


(FR)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Bursa Iklan Online Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger